Senin, 30 Juli 2018

Sifat Orang


👉 Ada orang tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, kendati itu orang paling dekat pada dirinya; hanya pendapat serta pemikirannya sendiri yang dijadikan pedoman hidupnya, tanpa mau tahu apa kata dan penilaian orang lain terhadap dirinya.  Prisipnya anjing meng-gong-gong kapila tetap berlalu.
👉 Ada orang selalu mendengarkan pendapat bahkan mencari pendapat terlebih dulu dari orang lain, sebelum mengambil keputusan untuk dijadikan pedoman; utamanya orang-orang  dekatnya musti didengar pendapat serta pemikirannya, maka  sering kali mengambil keputusan agak lama bahkan berubah-ubah. Orang jenis ini, sepertinya tidak punya prinsip, dan hidupnya mudah terpengaruh oleh orang lain.
👉 Ada orang tidak kukuh pada pendapatnya sendiri maupun tidak tergantung pada pendapat orang lain, melainkan berpedoman dengan manfaat dari kebaikan dan kebenaran. Jika itu bermanfaat karena hal baik juga sesuai dengar kebenaran, dari manapun asalnya tidak masalah. Biarlah dinilai jelek, dan disalahkan, kebaikan dan kebenaran yang menjadi pedomannya.
👉 Pendapat diri sendiri bisa baik juga bisa benar, pendapat dari orang lain juga demikian, bisa baik dan benar. Akan tetapi berpedoman pada dhamma pasti baik dan benar, karena dhamma disini berarti kebaikan sekaligus kebenaran.
✍ (B Saddhaviro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke pariyattidhamma.blogspot