Senin, 30 Juli 2018

Menjadi Terhormat


👉 Tergantung pada bibit yang ditanam, demikian buah yang akan dipanen; begitu pula dalam hidup ini, apa yang datang pada dirinya, itu tidak lain selain miliknya. Jika minta dihormati orang, hendaknya menghormati orang.
👉 Laku hormat, adalah sebab atau langkah awal, dari suatu penghornatan; memulai dengan  laku hormat kepada siapa saja, apa lagi kepada orang tua yang patut dihormati, karena telah berjasa, khususnya bagi anak atau anak muda, inilah perlunya dari laku hormat.
👉 Untuk menghormat, adalah suatu pedoman orang menghormat. Ketika orang laku hormat hanya untuk menghormat, berarti melakukan berdasarkan pengertian, dan diwujudkan dengan ketulusan, sesuai pada proses kebenaran yang benar Ia lakukan.
👉 Sebab terhormat, seolah kalimat awal, padahal sebab itu yang amat penting dari sebuah akibat; tidak akan terjadi akibatnya, jika tidak ada sebabnya. Sebab terhormat kata kunci dan yang menjadikan terhormat bagi siapapun orang terhormat.
👉 Merenungkan kalimat LAKU HORMAT, UNTUK MENGHORMAT, SEBAB TERHORMAT, sangat penting; karena mengandung nilai moral ajakan berbuat baik, nilai kebenaran tentang hukum sebab akibat, dan agar hidup sampai tujuan menjadi orang baik.
✍ (B Saddhaviro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke pariyattidhamma.blogspot