Senin, 30 Juli 2018

Konsep Tanpa Aku


👉 Bukan aku dan bukan milikku, kendati datang padaku; ia pasti akan berlalu meninggalkanku, karena ia datang untuk berlalu, ia bukan aku tapi paduan unsur.
👉 Konsep tanpa aku dan tanpa milikku, merupakan konsep pembebasan dari pandangan keliru tentang aku; yang mengaku aku sebagai milikku, merupakan sebab dari penderiaan.
👉 Bisa berpikirnya  salah, berucap serta berbuat salah, jika pandangannya salah; namun semua tidak ada yang salah, ketika orang memiliki pandangan benar, bahwa tidak ada aku yang sebenarnya, karena yang sebenarnya bukan aku dan bukan memilikku, hanyalah paduan unsur saling bergantungan.
👉 Bukan aku dan milikku, semuanya hanya paduan unsur, terus berubah serta tidak memuaskan, maka tiada aku maupun milikmu, aku adalah konsep dari pandangan keliru, sehinga tidak memahami sebagai mana adanya paduan unsur, yang sebenarnya tidak adanya aku.
✍ (B.Saddhaviro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke pariyattidhamma.blogspot