Senin, 30 Juli 2018

Cinta dan Benci


👉 Sangat mudah untuk dimengerti bahwa cinta adalah berbeda dengan benci, bahkan cinta dan benci itu berlawanan; karena cinta adalah hal positif, sedangkan benci adalah negatif. Tetapi cinta maupun benci ada kesamaannya, tidak obyektif jika digunakan untuk menilai.
👉 Ketika orang terlalu cinta pada seseorang, tidak mengetahui kekurangan orang yang dicintainya; bergitu pula bagi orang yang sangat benci, tidak terlihat kebaikan dari orang yang dibenci. Cinta berbeda dengan benci, namun keduanya memiliki sama tidak obyektif untuk memilai.
👉 Ketika orang telah mengembang kebijaksanaan cinta tidak menjadi subyektif untuk menilai, cinta tidak akan membuta, melainkan bisa melihat sebagai mana adanya. Demikian pula kebijaksanaan berperan untuk mengikis kebencian, yang bersifat subyektifitas.
👉 Sifat luhur dari bijaksana patut untuk dilatih serta dimiliki setiap orang, karena keluhurannya membuat cinta menjadi bijaksana, dan kebencipun bisa terkikis oleh mulianya sifat bijaksana. Negatif bisa menjadi positif, dan positif tidak berubah negatif; jika nenilai kepada siapa mau apa, menjadi obyektif, itulah kebijaksanaan.
✍ (B.Saddhaviro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke pariyattidhamma.blogspot