Rabu, 06 Desember 2017

Menggali Potensi Diri



Setiap orang mempunyai potensi untuk maju & berkembang, tetapi untuk maraih sukses seseorang harus punya sarana yaitu pengetahuan dan menggunakan kemajuan teknologi untuk meraih cita-cita tsb. Dalam Dhamma dijelaskan bahwa ada empat hal yang perlu diperhatikan guna meraih kesuksesan tsb, yaitu:
1.       Utthana sampada yaitu kerja keras, sungguh-sungguh menekuni perkerjaan dan mau untuk belajar sehingga menjadi ahli, jadi efisien dalam mengerjakan sesuatu supaya maraih hasil yang maksimal & optimal.
2.       Arrakha sampada yaitu berhati-hati, teliti, cermat dalam menjaga hasil pekerjaan sehingga tidak mudah rusak, hilang atau dicuri orang akibat kelalaian kita.
3.       Kalyanamitta yaitu  memliki sahabat-sahabat yang baik, setia, terpelajar, dermawan & mampu memberikan nasehat-nasehat serta memerikan solusi yang baik.
4.       Samajivita yaitu ia arus hidup dengan batas-batas kemampannya, sederhana, tidak boros & sepantasnya.
Sebagai umat Buddha kita banyak dibekali oleh Guru Agung kita Sang Buddha, sebagaimana dijelaskan dalam Catu Idhipada untuk mencapai sukses, yang terdiri empat poin yaitu:
1.       Chanda Idhpada yaitu setelah dengan susah payah mencari peerjaan untuk menyambung hidup maka hendaknya kita mensyukuri dan mencintai pekerjaan kita, dan berrusaha mengejakannya dengan penuh tanggung-jawab & sepenuh hati sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal & memuaskan.
2.       Viriya Idhipada yaitu dengan penuh semangat, rajin & ulet dalam mengerjakan segala sesuatu maka akan maraih kesuksesan. Dan mereka pantang melakukan kelalaian, KKN, dsb tidak akan mengalami kerugian.
3.       Citta Idhipada yaitu melakukan tugas dengan sepenuh hati, kosentrasi, waspada/hati-hati sehingga tidak melamun, asal-asalan & ngawur. Dengan demikian maka ia dapat mengharapkan hasil yang optimal.
Vimamsa Idhipada yaitu meneliti, menyelidiki kembali dengan seksama apa yang telah dikerjakan sehingga kita tahu dimana kekurangan/kelemahannya. Mengetahui apa yang harus diperbaiki dan ditambah supaya memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan yang diharapkannya. Dalam menggali diri yang paling perlu dimiliki adalah keyakinan terhadap apa yang dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke pariyattidhamma.blogspot