RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah : SEKOLAH
GLOBE NATIONAL PLUS
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017-2018
Materi Pokok : Sejarah Penyiaran Agama Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu : 15
JP × 45 menit (5x pertemuan)
Pertemuan ke-
: 1-5
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong
royong,
kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan
proaktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan
alam serta menempatkan diri
sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah
abstrak terkait
dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu
menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar pada KI 1
|
Kompetensi
Dasar pada KI 2
|
1.1
Menghayati sejarah penyiaran agama
Buddha
pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya,
zaman penjajahan dan
kemerdekaan
hingga masa sekarang
|
2.1 Menghayati
perilaku peduli tentang
sejarah
penyiaran agama Buddha pada
zaman
Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman
penjajahan
dan kemerdekaan hingga
masa
sekarang.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama
Buddha pada masa Kerajaan Mataram Kuno
1.1.2 Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama
Buddha pada masa Kerajaan Sriwijaya
1.1.3 Menguraikan meninggalan peninggalan sejarah pada
masa
Kerajaan Mataram Kuno
1.1.4 Menguraikan meninggalan peninggalan sejarah pada
masa
Kerajaan Sriwijaya
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
2.1.1 Jujur dalam mengikuti uraian tentang sejarah
penyiaran
agama
Buddha pada masa Kerajaan Mataram Kuno
2.1.2 Bertanggung jawab dalam menerima sejarah
penyiaran
agama
Buddha pada masa Kerajaan Sriwijaya
2.1.3 Disiplin dalam menghargai meninggalan
peninggalan sejarah pada masa
Kerajaan Mataram Kuno
2.1.4 Peduli terhadap peninggalan
sejarah pada masa
Kerajaan Sriwijaya
|
Kompetensi
Dasar pada KI 3
|
Kompetensi
Dasar pada KI 4
|
3.1 Menganalisis sejarah penyiaran agama Buddha pada
zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya,
zaman penjajahan dan
kemerdekaan hingga masa sekarang.
|
4.1 Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha
pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya,
zaman penjajahan dan
kemerdekaan hingga masa sekarang.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama
Buddha pada masa
penjajahan
3.1.2 Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama
Buddha pada masa
penjajahan
3.1.3 Menjelaskan hambatan-hambatan
penyiaran
agama Buddha pada masa
penjajahan
3.1.4 Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama
Buddha pada masa setelah
kemerdekaan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 Menyaji/menceritakan sejarah
penyiaran
agama Buddha pada masa
Kerajaan Mataram Kuno
4.1.2 Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha
pada masa Kerajaan
Sriwijaya
4.1.3 Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha pada masa penjajahan
4.1.4 Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha
pada masa setelah
Kemerdekaan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu melakukan hal-hal sebagai
berikut.
1. Bersyukur atas kesempatan dapat belajar untuk
menghayati sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
2. Menunjukkan perilaku peduli ketika mempelajari
sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
3. Menganalisis sejarah
penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
4. Menyaji/menceritakan
sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
5. Berinteraksi dengan orang tua di rumah untuk
belajar/berdiskusi berkaitan dengan tugas-tugas yang telah dipelajari di
sekolah.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Perkembangan agama Buddha pada zaman Kerajaan Mataram
Kuno
2.
Perkembangan agama Buddha pada zaman Kerajaan Sriwijaya
3.
prilaku peduli tentang sejarah agama buddha pada zaman
mataram kuno
E.
Pendekatan, Metode, dan Model
Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Metode :
diskusi kelompok, tanya-jawab, penugasan
Model :
pembelajaran langsung (direct learning)
F. Media/Alat ,
Bahan, dan Sumber Belajar:
Media : LCD Projector
Alat/bahan : Fasilitas dan jaringan
internet
Sumber belajar: Buku teks pembelajaran, buku referensi
lain
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1 (3 ×45 menit):
Pertemuan ini membahas
tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa Kerajaan Mataram
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
a. Guru
mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan
kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan.
b. Guru
memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha.
c. Guru
mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru
mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama
Buddha.
f. Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Mengamati: guru meminta peserta didik melakukan pengamatan melalui membaca
materi tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kerajaan.
2.
Menanya: berikanlah kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang halhal
yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kemudian guru memberikan penguatan
dan penjelasan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang lebih logis, terinci,
dan sistematis yang terkait dengan pertanyaan.
3.
Mengumpulkan informasi: guru meminta peserta didik mencari informasi
selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai
sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
4.
Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis
informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu
yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
5.
Mengkomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja
secara lisan maupun tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab.
Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil
penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengkonfirmasi,
menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan
pemahaman
materi.
|
105
menit
|
Penutup
|
Pada
kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkahlangkah sebagai
berikut.
a. Guru
mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi
untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru
mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
|
15 menit
|
Pertemuan ke-2 (3 ×45 menit):
Pertemuan ini membahas
tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa
Kerajaan Sriwijaya
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
a. Guru
mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan
kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan.
b. Guru
memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha.
c. Guru
mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru
mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama
Buddha.
f. Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Mengamati: guru meminta peserta didik melakukan pengamatan melalui membaca
materi tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kerajaan.
2.
Menanya: berikanlah kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang halhal
yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kemudian guru memberikan penguatan
dan penjelasan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang lebih logis, terinci,
dan sistematis yang terkait dengan pertanyaan.
3.
Mengumpulkan informasi: guru meminta peserta didik mencari informasi
selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai
sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
4.
Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis
informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu
yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
5.
Mengkomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja
secara lisan maupun tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab.
Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya
dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengkonfirmasi, menambahkah sehingga
timbul kreativitas pemikiran dan
pemahaman
materi.
|
105
menit
|
Penutup
|
Pada
kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah sebagai
berikut.
a. Guru
mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru
mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
|
16 menit
|
Pertemuan ke-3 (3 ×45 menit):
Pertemuan ini membahas tentang prilaku peduli tentang sejarah
agama buddha pada zaman mataram kuno
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
a. Guru
mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan
kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan.
b. Guru
memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha.
c. Guru
mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru
mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama
Buddha.
f. Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Kegiatan
inti berisi kegiatan peserta secara utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai
berikut.
a.
Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama
Buddha zaman penjajahan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan
penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual
ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b.
Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan
untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta
didik
c.
Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap
mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk
menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d.
Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis
informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu
yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e. Mengomunikasikan:
pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun
tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab. Peserta didik yang
lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya,
menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi, menambahkah sehingga timbul
kreativitas pemikiran dan
pemahaman
materi
|
105
menit
|
Penutup
|
Pada
kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah
sebagai berikut.
a. Guru
mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru
mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
|
17 menit
|
Pertemuan ke-4 (3 ×45 menit):
Pertemuan ini membahas
sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan.
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
a. Guru
mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan
kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan.
b. Guru
memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha.
c. Guru
mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru
mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama
Buddha.
f. Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Guru
membimbing peserta didik untuk mempersiapkan rohani (batin) dan jasmani
sebelum mengikuti pembelajaran melalui aktivitas duduk hening atau meditasi
konsentrasi selama ± 5 menit. Kegiatan inti berisi kegiatan peserta secara
utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai berikut.
a.
Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama
Buddha pada masa kemerdekaan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan
penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual
ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b.
Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan
untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta
didik
c.
Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap
mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk
menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d.
Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis
informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengkaitkan pengalaman masa lalu
yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e.
Mengomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja
secara lisan maupun tertulis misalnya melalui presentasi dan Tanya jawab.
Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil
penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi,
menambahkah
sehingga timbul kreativitas pemikiran dan pemahaman materi.
|
105
menit
|
Penutup
|
Pada
kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah
sebagai berikut.
a. Guru
mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru
mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
|
18 menit
|
Pertemuan ke-4 dan ke-5 (6 ×45 menit):
Pertemuan ini membahas
sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan.
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
a. Guru
mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan
kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan.
b. Guru
memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha.
c. Guru
mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru
mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama
Buddha.
f. Guru
menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Guru
membimbing peserta didik untuk mempersiapkan rohani (batin) dan jasmani
sebelum mengikuti pembelajaran melalui aktivitas duduk hening atau meditasi
konsentrasi selama ± 5 menit. Kegiatan inti berisi kegiatan peserta secara
utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai berikut.
a.
Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama
Buddha pada masa kemerdekaan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan
penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual
ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b.
Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan
untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta
didik
c.
Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap
mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk
menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d.
Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis
informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengkaitkan pengalaman masa lalu
yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e.
Mengomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja
secara lisan maupun tertulis misalnya melalui presentasi dan Tanya jawab.
Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil
penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi,
menambahkah
sehingga timbul kreativitas pemikiran dan pemahaman materi.
|
105
menit
|
Penutup
|
Pada
kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah
sebagai berikut.
a. Guru
mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru
mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
|
19 menit
|
H. Penilaian (terlampir)
1.
Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap
: Jujur, sopan, kerjasama
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes lisan, tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Presentasi
2.
Bentuk Penilaian: Pilihan ganda, uraian, penugasan,
praktik, proyek
3. Instrumen
Penilaian (terlampir)
4. Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
5.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan
diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan
pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Batam,
17 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Efvi
Noyita, MM Dwi
Asala Puja, S.Pd.B
Lampiran
Tugas Individu
Pertemuan Pertama
Tugas Pertemuan Kedua
Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta Didik : .........................................................
Kelas :
.........................................................
Tanggal Pengamatan :
.........................................................
Materi Pokok : .........................................................
No.
|
Pernyataan
|
Skor
Maks
|
1
|
Kemampuan
Bertanya.
a.
Kemampuan peserta didik membuat pertanyaan
(baik=3,
kurang baik=2, tidak baik=1)
b.
Kemampuan peserta didik bertanya sesuai dengan
materi
(sesuai=3, kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
c. Kemampuan
mengelola waktu pengumpulan data
(tepat=3,
kurang tepat=2, tidak tepat=1
|
9
|
2
|
Relevansi
Jawaban.
a.
Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan (sesuai=3,
kurang
sesuai=2, tidak sesuai=1)
b.
Kelengkapan/kerincian jawaban sesuai dengan
pertanyaan
(lengkap=3, kurang lengkap=2, tidak
lengkap=1)
|
6
|
3
|
Kontekstual
pertanyaan dan jawaban.
a.
Kemampuan bertanya secara rasional (baik=3, kurang
baik=2,
tidak baik=1)
b.
Kemampuan menjawab yang kontektual data
(tepat=3,
kurang tepat=2, tidak tepat=1)
|
6
|
Total
Skor
|
21
|
Perhitungan nilai akhir
menggunakan rumus:
Skor
diperoleh
Nilai =
_____________ x 100 = Nilai
Skor Maksimal
Tes: Menilai kemampuan
peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang sejarah
penyiaran agama Buddha di Nusantara
Penilaian
Pengetahuan
Pengembangan instrumen tes
tertulis mengikuti langkah-langkah: menetapkan
tujuan tes, menyusun
kisi-kisi, menulis soal sesuai kaidah penulisan soal dan
menyusun pedoman penskoran.
1. Jelaskan bukti bahwa
agama Buddha berkembang di Kerajaan Mataram Kuno! (skor 10)
2. Jelaskan bukti bahwa
agama Buddha berkembang di Kerajaan Sriwijaya! (skor 10)
Pedoman Penskoran Uji Kompetensi Pengetahuan
Skor Perolehan
Nilai = ____________________ X 100 = Nilai
Skor
Maksimal
Pertemuan ke-3
Penilaian Sikap Penilaian Diri
Peserta didik diminta
mengerjakan tabel “aktivitas harian” berikut ini dengan
memberi tanda centang “√”
pada kolom pilihan “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”,
dan “tidak pernah” sesuai
keadaan yang sebenarnya.
Lembar Penilaian Diri
Nama : ................................................
Kelas/Semester :
..................... /.......................
Petunjuk:
1. Bacalah baik-baik setiap
pernyataan dan berilah tanda O pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu
yang sebenarnya.
2. Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada
bapak/ibu guru.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya
belajar melalui membaca buku-buku yang
menunjang
pembelajaran di sekolah setiap hari
|
||
2
|
Saya
melakukan duduk hening sebelum belajar agar
konsentrasi
|
||
3
|
Saya
mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian
|
||
4
|
Saya
mengerjakan tugas dengan konsentrasi
|
||
5
|
Sebelum
tidur saya duduk hening untuk menenangkan pikiran
|
Penilaian Sikap
Nama Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tahun Pelajaran :
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Positif/Negatif
|
Tindak
Lanjut
|
Pertemuan Ke-4
dan ke -5
Tugas Kelompok
1. Diskusikan bagaimana
peran Bhikkhu Ashin Jinarakkhita terhadap perkembangan agama Buddha di
Indonesia!
2. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!
Uji Kompetensi Pengetahuan
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan bukti-bukti
bahwa Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perkembangan
Agama Buddha!(Skor 10)
2. Sebutkan 5 candi
peninggalan Kerajaan Sriwijaya!(Skor 5)
3. Jelaskan jasa dari
Bhikkhu Naradha!(Skor 5)
4. Jelaskan jasa dari Kwee
Tek Hoay!(Skor 5)
5. Jelaskan jasa Bhikkhu
Ashin Jinarakkhita!(Skor 5)
6. Sebutkan 5 contoh
organisasi yang menyatukan dirinya dengan nama BUDHI!(Skor 5)
7. Jelaskan kriteria agama
Buddha yang berkembang di Indonesia!(Skor 10)
8. Apa yang kalian ketahui
tentang WALUBI? (Skor 5)
9. Apa saja kriteria untuk
dapat menjadi anggota WALUBI? (Skor 10)
10. Jelaskan jasa Bhikkhu Girirakhito!(Skor 5)
Pedoman Penskoran Uji Kompetensi Pengetahuan
Skor Perolehan
Nilai Akhir = _______________ X 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Tabel 1.1. Format Penilaian
Diri Peserta Didik
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Semester :
...........................................................
Waktu penilaian :
...........................................................
Petunjuk: Berilah tanda
centang (√) pada kolom “ya” atau “tidak” sesuai dengan
keadaan kalian yang
sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya
belajar dengan sungguh-sunguh
|
||
2
|
Saya
memperhatikan pelajaran dari guru
|
||
3
|
Saya
mengerjakan tugas tepat waktu
|
||
4
|
Saya bertanya
jika saya tidak mengerti
|
||
5
|
Saya
selalu mencatat hal-hal penting saat belajar
|
||
6
|
Saya
selalu aktif dalam kelompok
|
Penilaian Antarteman
Petunjuk
1. Amati perilaku 2 orang
temanmu selama mengikuti kegiatan kelompok.
2. Isilah kolom yang
tersedia dengan tanda cek (√) jika temanmu menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan
pernyataan untuk indikator yang kamu amati,
atau tanda strip (-) jika
temanmu tidak menunjukkan perilaku tersebut.
3. Serahkan hasil pengamatan
kepada bapak/ibu pendidik.
Nama Teman : ...........................................................
Nama Penilai :
...........................................................
Kelas/Semester :
...........................................................
No
|
Pernyataan/Indikator
Pengamatan
|
Teman 1
|
Teman 2
|
1
|
Teman
saya mengajukan pertanyaan dengan
sopan
|
||
2
|
Teman
saya mengerjakan kegiatan sesuai
pembagian
tugas dalam kelompok
|
||
3
|
Teman
saya mengemukakan ide untuk
menyelesaikan
masalah
|
||
4
|
Teman
saya memaksa kelompok untuk
menerima
usulnya
|
||
5
|
Teman
saya menyela pembicaraan teman
kelompok
|
||
6
|
Teman
saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain
|
||
7
|
Teman
saya menertawakan pendapat teman yang aneh
|
||
8
|
Teman
saya melaksanakan kesepakatan
kelompok
meskipun tidak sesuai dengan
pendapatnya
|
Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta Didik
:...................................................
Kelas
:...................................................
Tanggal Pengamatan
:...................................................
Materi Pokok :...................................................
No.
|
PPernyataan
|
Skor
maks
|
1
|
Kemampuan
Bertanya:
a.
Kemampuan peserta didik membuat pertanyaan
(baik=3,
kurang baik=2, tidak baik=1)
b.
Kemampuan peserta didik bertanya sesuai dengan
materi
(sesuai=3, kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
c.
Kemampuan mengelola waktu pengumpulan data
(tepat=3, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
|
9
|
2
|
Relevansi
Jawaban:
a.
Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan (sesuai=3,
kurang
sesuai=2, tidak sesuai=1)
b.
Kelengkapan/kerincian jawaban sesuai dengan
pertanyaan
(lengkap=3, kurang lengkap=2, tidak
lengkap=1)
|
6
|
3
|
Kontekstual
pertanyaan dan jawaban:
a.
Kemampuan bertanya secara rasional (baik=3, kurang
baik=2,
tidak baik=1)
b.
Kemampuan menjawab yang kontektual data (tepat=3,
kurang tepat=2, tidak tepat=1)
|
6
|
Total Skor
|
21
|
Skor Perolehan
Nilai Akhir = _______________ X 100
Skor Maksimal
Penilaian Keterampilan
Penilaian portofolio dapat
digunakan untuk mengetahui pemahaman,
kemampuan mengaplikasikan,
inovasi dan kreativitas, kemampuan penyelidikan
dan kemampuan peserta didik
menginformasikan mata pelajaran tertentu secara
jelas.
No.
|
PAspek
|
Skor
maks
|
1
|
Perencanaan
|
|
Pemilihan
topik (Sesuai=3. Kurang sesuai=2. Tidak sesuai=1)
|
3
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
a.
Pengolahan informasi/data (Akurat=3. Kurang Akurat=2. Tidak Akurat=1)
b.
Kelengkapan informasi/data (Lengkap=3. Kurang
lengkap=2.
Tidak Lengkap=1)
|
6
|
|
3
|
Pelaporan Hasil
|
|
a.
Kesesuaian informasi dengan materi (Sesuai=3. Kurang sesuai=2. Tidak
sesuai=1)
b.
Sistematika laporan (Baik=3. Kurang Baik=2. Tidak baik=1)
c.
Kemampuan presentasi dan berargumentasi (Baik=3. Kurang Baik=2. Tidak baik=1)
|
9
|
|
Total Skor
|
18
|
Jumlah skor perolehan
Nilai Praktik =
___________________ X 100
Skor Maksimal