Kamis, 26 Oktober 2017

Perangkat RPP Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1



Nama Sekolah             : SEKOLAH GLOBE NATIONAL PLUS
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2017-2018
Materi Pokok               : Sejarah Penyiaran Agama Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu             : 15 JP × 45 menit (5x pertemuan)
Pertemuan ke-              : 1-5

A.    Kompetensi Inti
KI 1 :         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4           :           Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar pada KI 1
Kompetensi Dasar pada KI 2
1.1 Menghayati sejarah penyiaran agama
Buddha pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya, zaman penjajahan dan
kemerdekaan hingga masa sekarang
2.1 Menghayati perilaku peduli tentang
sejarah penyiaran agama Buddha pada
zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, zaman
penjajahan dan kemerdekaan hingga
masa sekarang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1    Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa Kerajaan Mataram Kuno
1.1.2    Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa Kerajaan Sriwijaya
1.1.3    Menguraikan meninggalan peninggalan sejarah pada masa
Kerajaan Mataram Kuno
1.1.4    Menguraikan meninggalan peninggalan sejarah pada masa
Kerajaan Sriwijaya
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1    Jujur dalam mengikuti uraian tentang sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa Kerajaan Mataram Kuno
2.1.2    Bertanggung jawab dalam menerima sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa Kerajaan Sriwijaya
2.1.3    Disiplin dalam menghargai meninggalan peninggalan sejarah pada masa
Kerajaan Mataram Kuno
2.1.4    Peduli terhadap peninggalan sejarah pada masa
Kerajaan Sriwijaya
Kompetensi Dasar pada KI 3
Kompetensi Dasar pada KI 4
3.1       Menganalisis sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya, zaman penjajahan dan
kemerdekaan hingga masa sekarang.
4.1       Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha pada zaman Mataram Kuno,
Sriwijaya, zaman penjajahan dan
kemerdekaan hingga masa sekarang.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa
penjajahan
3.1.2    Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa
penjajahan
3.1.3    Menjelaskan hambatan-hambatan
penyiaran agama Buddha pada masa
penjajahan
3.1.4    Mendeskripsikan sejarah penyiaran
agama Buddha pada masa setelah
kemerdekaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1    Menyaji/menceritakan sejarah
penyiaran agama Buddha pada masa
Kerajaan Mataram Kuno
4.1.2    Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha pada masa Kerajaan
Sriwijaya
4.1.3    Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha pada masa penjajahan
4.1.4    Menyaji sejarah penyiaran agama
Buddha pada masa setelah
Kemerdekaan


C.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu melakukan hal-hal sebagai berikut.
1. Bersyukur atas kesempatan dapat belajar untuk menghayati sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
2. Menunjukkan perilaku peduli ketika mempelajari sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
3. Menganalisis sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
4. Menyaji/menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno.
5. Berinteraksi dengan orang tua di rumah untuk belajar/berdiskusi berkaitan dengan tugas-tugas yang telah dipelajari di sekolah.

D.    Materi Pembelajaran
1.         Perkembangan agama Buddha pada zaman Kerajaan Mataram Kuno
2.         Perkembangan agama Buddha pada zaman Kerajaan Sriwijaya
3.         prilaku peduli tentang sejarah agama buddha pada zaman mataram kuno

E.     Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan    : saintifik
Metode           : diskusi kelompok, tanya-jawab, penugasan
Model            : pembelajaran langsung (direct learning)
F.     Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar:
Media        : LCD Projector
Alat/bahan : Fasilitas dan jaringan internet
Sumber belajar: Buku teks pembelajaran, buku referensi lain



G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1  (3 ×45 menit):

Pertemuan ini membahas tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa Kerajaan Mataram
Tahap
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
b. Guru memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan agama Buddha.
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama Buddha.
f. Guru menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15 menit
Kegiatan Inti
1. Mengamati: guru meminta peserta didik melakukan pengamatan melalui membaca materi tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kerajaan.
2. Menanya: berikanlah kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang halhal yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kemudian guru memberikan penguatan dan penjelasan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang lebih logis, terinci, dan sistematis yang terkait dengan pertanyaan.
3. Mengumpulkan informasi: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
4. Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
5. Mengkomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab. Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengkonfirmasi, menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan
pemahaman materi.

105 menit
Penutup
Pada kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkahlangkah sebagai berikut.
a. Guru mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.  
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
15    menit

 

Pertemuan ke-2  (3 ×45 menit):

Pertemuan ini membahas tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa
Kerajaan Sriwijaya
Tahap
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
b. Guru memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan agama Buddha.
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama Buddha.
f. Guru menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15 menit
Kegiatan Inti
1. Mengamati: guru meminta peserta didik melakukan pengamatan melalui membaca materi tentang sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kerajaan.
2. Menanya: berikanlah kesempatan peserta didik untuk bertanya tentang halhal yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kemudian guru memberikan penguatan dan penjelasan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang lebih logis, terinci, dan sistematis yang terkait dengan pertanyaan.
3. Mengumpulkan informasi: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
4. Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan.
5. Mengkomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab. Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengkonfirmasi, menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan
pemahaman materi.
105 menit
Penutup
Pada kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah sebagai berikut.
a. Guru mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
16    menit

Pertemuan ke-3  (3 ×45 menit):

Pertemuan ini membahas tentang prilaku peduli tentang sejarah agama buddha pada zaman mataram kuno

Tahap
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
b. Guru memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan agama Buddha.
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama Buddha.
f. Guru menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15 menit
Kegiatan Inti
Kegiatan inti berisi kegiatan peserta secara utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai berikut.
a. Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama Buddha zaman penjajahan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b. Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta didik
c. Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d. Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengaitkan pengalaman masa lalu yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e. Mengomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun tertulis, misalnya melalui presentasi dan tanya jawab. Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi, menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan
pemahaman materi
105 menit
Penutup
Pada kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah sebagai berikut.
a. Guru mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
17    menit

Pertemuan ke-4  (3 ×45 menit):

Pertemuan ini membahas sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan.
Tahap
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
b. Guru memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan agama Buddha.
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama Buddha.
f. Guru menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15 menit
Kegiatan Inti
Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan rohani (batin) dan jasmani sebelum mengikuti pembelajaran melalui aktivitas duduk hening atau meditasi konsentrasi selama ± 5 menit. Kegiatan inti berisi kegiatan peserta secara utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai berikut.
a. Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b. Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta didik
c. Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d. Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengkaitkan pengalaman masa lalu yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e. Mengomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun tertulis misalnya melalui presentasi dan Tanya jawab. Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi,
menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan pemahaman materi.

105 menit
Penutup
Pada kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah sebagai berikut.
a. Guru mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
18    menit

Pertemuan ke-4 dan ke-5 (6 ×45 menit):

Pertemuan ini membahas sejarah penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan.
Tahap
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
a. Guru mempersiapkan proses belajar mengajar awal yang kondusif; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
b. Guru memberikan salam, bersama peserta didik membacakan doa pembukaan pendidikan agama Buddha.
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sebelum pembelajaran.
d. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan duduk hening.
e. Guru mengadakan apersepsi pengalaman terkait dengan materi sejarah penyiaran agama Buddha.
f. Guru menyampaikan topik pembelajaran.
g. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
h. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
15 menit
Kegiatan Inti
Guru membimbing peserta didik untuk mempersiapkan rohani (batin) dan jasmani sebelum mengikuti pembelajaran melalui aktivitas duduk hening atau meditasi konsentrasi selama ± 5 menit. Kegiatan inti berisi kegiatan peserta secara utuh dengan pendekatan ilmiah sebagai berikut.
a. Mengamati: peserta didik membaca dan menyimak materi tentang penyiaran agama Buddha pada masa kemerdekaan dalam buku siswa, guru memberikan penguatan dan penjelasan kepada peserta didik agar proses mencermati baik secara individual ataupun kelompok berlangsung secara baik, dan benar.
b. Menanya: guru meminta peserta didik untuk merumuskan beberapa pertanyaan untuk mengetahui hal-hal yang belum jelas tentang materi yang diamati peserta didik
c. Mengeksplorasikan: guru meminta peserta didik mencari informasi selengkap mungkin melalui mengamati dan membaca buku teks dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan.
d. Mengasosiasikan: guru mengajak peserta didik untuk mengolah dan menganalisis informasi yang telah mereka dapatkan dengan mengkaitkan pengalaman masa lalu yang pernah dipelajari untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka rumuskan
e. Mengomunikasikan: pada langkah ini peserta didik menyampaikan hasil kerja secara lisan maupun tertulis misalnya melalui presentasi dan Tanya jawab. Peserta didik yang lain, baik secara individual menanggapi hasil penyampaiannya dengan menanya, menyanggah, melengkapi, mengonfirmasi,
menambahkah sehingga timbul kreativitas pemikiran dan pemahaman materi.

105 menit
Penutup
Pada kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik, melakukan langkah langkah sebagai berikut.
a. Guru mengajak peserta didik, baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran.
b. Guru mengajak peserta didik menyimpulkan pokok-pokok hasil pembelajaran.
c. Guru mengajak peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
e. Guru mengajak peserta didik melakukan doa penutup.
19    menit

H.    Penilaian (terlampir)
1.      Teknik Penilaian:
a.       Penilaian Sikap              : Jujur, sopan, kerjasama
b.      Penilaian Pengetahuan   : Tes lisan, tertulis
c.       Penilaian Keterampilan  : Presentasi        
2.      Bentuk Penilaian: Pilihan ganda, uraian, penugasan, praktik, proyek
3.      Instrumen Penilaian (terlampir)
4.      Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
5.      Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
                                                                                     Batam, 17 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Efvi Noyita, MM                                                                     Dwi Asala Puja, S.Pd.B


Lampiran
Tugas Individu
Pertemuan Pertama

Identifikasi nama nama candi di atas dan di mana letak keberadaannya!

Tugas Pertemuan Kedua
Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta Didik : .........................................................
Kelas : .........................................................
Tanggal Pengamatan : .........................................................
Materi Pokok : .........................................................
No.
Pernyataan
Skor
Maks
1
Kemampuan Bertanya.
a. Kemampuan peserta didik membuat pertanyaan
(baik=3, kurang baik=2, tidak baik=1)
b. Kemampuan peserta didik bertanya sesuai dengan
materi (sesuai=3, kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
c. Kemampuan mengelola waktu pengumpulan data
(tepat=3, kurang tepat=2, tidak tepat=1
9
2
Relevansi Jawaban.
a. Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan (sesuai=3,
kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
b. Kelengkapan/kerincian jawaban sesuai dengan
pertanyaan (lengkap=3, kurang lengkap=2, tidak
lengkap=1)
6
3
Kontekstual pertanyaan dan jawaban.
a. Kemampuan bertanya secara rasional (baik=3, kurang
baik=2, tidak baik=1)
b. Kemampuan menjawab yang kontektual data
(tepat=3, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
6

Total Skor
21

Perhitungan nilai akhir menggunakan rumus:
Skor diperoleh
Nilai = _____________ x 100 = Nilai
Skor Maksimal

Reserved: Ayo, Merangkum
Rounded Rectangle:
Reserved: Tugasku
Reserved: 1. Buatlah rangkuman tentang Kerajaan Sriwijaya sebagai tugas mandiri terstruktur!
2. Buatlah kliping tentang benda-benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya dari koran, majalah, atau sumber lainnya!
 

























Tes: Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengidentifikasikan tentang sejarah penyiaran agama Buddha di Nusantara


Penilaian Pengetahuan
Pengembangan instrumen tes tertulis mengikuti langkah-langkah: menetapkan
tujuan tes, menyusun kisi-kisi, menulis soal sesuai kaidah penulisan soal dan
menyusun pedoman penskoran.
1. Jelaskan bukti bahwa agama Buddha berkembang di Kerajaan Mataram Kuno! (skor 10)
2. Jelaskan bukti bahwa agama Buddha berkembang di Kerajaan Sriwijaya! (skor 10)

Pedoman Penskoran Uji Kompetensi Pengetahuan
            Skor Perolehan
Nilai = ____________________   X 100 = Nilai
Skor Maksimal            
Pertemuan ke-3
Penilaian Sikap Penilaian Diri
Peserta didik diminta mengerjakan tabel “aktivitas harian” berikut ini dengan
memberi tanda centang “√” pada kolom pilihan “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”,
dan “tidak pernah” sesuai keadaan yang sebenarnya.

Lembar Penilaian Diri
Nama               : ................................................
Kelas/Semester : ..................... /.......................

Petunjuk:
1. Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda O pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
2. Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada bapak/ibu guru.

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya belajar melalui membaca buku-buku yang
menunjang pembelajaran di sekolah setiap hari


2
Saya melakukan duduk hening sebelum belajar agar
konsentrasi


3
Saya mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian


4
Saya mengerjakan tugas dengan konsentrasi


5
Sebelum tidur saya duduk hening untuk menenangkan pikiran



Penilaian Sikap
Nama Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tahun Pelajaran :
No
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Butir Sikap
Positif/Negatif
Tindak Lanjut



































Pertemuan Ke-4 dan ke -5
Tugas Kelompok
1. Diskusikan bagaimana peran Bhikkhu Ashin Jinarakkhita terhadap perkembangan agama Buddha di Indonesia!
2. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!

Uji Kompetensi Pengetahuan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan bukti-bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perkembangan
Agama Buddha!(Skor 10)
2. Sebutkan 5 candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya!(Skor 5)
3. Jelaskan jasa dari Bhikkhu Naradha!(Skor 5)
4. Jelaskan jasa dari Kwee Tek Hoay!(Skor 5)
5. Jelaskan jasa Bhikkhu Ashin Jinarakkhita!(Skor 5)
6. Sebutkan 5 contoh organisasi yang menyatukan dirinya dengan nama BUDHI!(Skor 5)
7. Jelaskan kriteria agama Buddha yang berkembang di Indonesia!(Skor 10)
8. Apa yang kalian ketahui tentang WALUBI? (Skor 5)
9. Apa saja kriteria untuk dapat menjadi anggota WALUBI? (Skor 10)
10. Jelaskan jasa Bhikkhu Girirakhito!(Skor 5)

Pedoman Penskoran Uji Kompetensi Pengetahuan
Skor Perolehan
Nilai Akhir =   _______________ X 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Tabel 1.1. Format Penilaian Diri Peserta Didik
Nama : ...........................................................
Kelas : ...........................................................
Semester : ...........................................................
Waktu penilaian : ...........................................................
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “ya” atau “tidak” sesuai dengan
keadaan kalian yang sebenarnya.
No

Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya belajar dengan sungguh-sunguh


2
Saya memperhatikan pelajaran dari guru


3
Saya mengerjakan tugas tepat waktu


4
Saya bertanya jika saya tidak mengerti


5
Saya selalu mencatat hal-hal penting saat belajar


6
Saya selalu aktif dalam kelompok














Penilaian Antarteman
Petunjuk
1. Amati perilaku 2 orang temanmu selama mengikuti kegiatan kelompok.
2. Isilah kolom yang tersedia dengan tanda cek (√) jika temanmu menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan pernyataan untuk indikator yang kamu amati,
atau tanda strip (-) jika temanmu tidak menunjukkan perilaku tersebut.
3. Serahkan hasil pengamatan kepada bapak/ibu pendidik.
Nama Teman : ...........................................................
Nama Penilai : ...........................................................
Kelas/Semester : ...........................................................

No

Pernyataan/Indikator Pengamatan
Teman 1
Teman 2
1
Teman saya mengajukan pertanyaan dengan
sopan


2
Teman saya mengerjakan kegiatan sesuai
pembagian tugas dalam kelompok


3
Teman saya mengemukakan ide untuk
menyelesaikan masalah


4
Teman saya memaksa kelompok untuk
menerima usulnya


5
Teman saya menyela pembicaraan teman
kelompok


6
Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain


7
Teman saya menertawakan pendapat teman yang aneh


8
Teman saya melaksanakan kesepakatan
kelompok meskipun tidak sesuai dengan
pendapatnya



Penilaian Pengetahuan
Nama Peserta Didik :...................................................
Kelas :...................................................
Tanggal Pengamatan :...................................................
Materi Pokok :...................................................
No.
PPernyataan

Skor
maks
1
Kemampuan Bertanya:
a. Kemampuan peserta didik membuat pertanyaan
(baik=3, kurang baik=2, tidak baik=1)
b. Kemampuan peserta didik bertanya sesuai dengan
materi (sesuai=3, kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
c. Kemampuan mengelola waktu pengumpulan data
(tepat=3, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
9
2
Relevansi Jawaban:
a. Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan (sesuai=3,
kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
b. Kelengkapan/kerincian jawaban sesuai dengan
pertanyaan (lengkap=3, kurang lengkap=2, tidak
lengkap=1)
6
3
Kontekstual pertanyaan dan jawaban:
a. Kemampuan bertanya secara rasional (baik=3, kurang
baik=2, tidak baik=1)
b. Kemampuan menjawab yang kontektual data (tepat=3,
kurang tepat=2, tidak tepat=1)
6

Total Skor
21

Skor Perolehan
Nilai Akhir =   _______________ X 100
Skor Maksimal

Penilaian Keterampilan
Penilaian portofolio dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman,
kemampuan mengaplikasikan, inovasi dan kreativitas, kemampuan penyelidikan
dan kemampuan peserta didik menginformasikan mata pelajaran tertentu secara
jelas.

No.
PAspek

Skor
maks
1
Perencanaan


Pemilihan topik (Sesuai=3. Kurang sesuai=2. Tidak sesuai=1)
3
2
Pelaksanaan


a. Pengolahan informasi/data (Akurat=3. Kurang Akurat=2. Tidak Akurat=1)
b. Kelengkapan informasi/data (Lengkap=3. Kurang
lengkap=2. Tidak Lengkap=1)
6
3
Pelaporan Hasil


a. Kesesuaian informasi dengan materi (Sesuai=3. Kurang sesuai=2. Tidak sesuai=1)
b. Sistematika laporan (Baik=3. Kurang Baik=2. Tidak baik=1)
c. Kemampuan presentasi dan berargumentasi (Baik=3. Kurang Baik=2. Tidak baik=1)
9

Total Skor
18

Jumlah skor perolehan
Nilai Praktik =  ___________________ X 100

Skor Maksimal